Tertib Administrasi  Pertanahan, Wabup Deddy Perintahkan Sangadi Buat Buku Register Tanah

BOLSEL – Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid menutup kegiatan Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan Bidang Pertanahan bertema “Penyelesaian Tertib Administrasi Pertanahan” di Swiss-Belhotel Maleosan, Manado, Kamis (14/07/2022).

Wabup Deddy Abdul Hamid menegaskan kegiatan ini sangat penting dilaksanakan karena terkait persoalan Administrasi Pertanahan di desa termasuk Register Tanah di Desa.

“Saya yakin selama ini hampir semua dari 81 Desa di Bolsel tidak ada yang memiliki Buku Register tanah di Desa,” Ungkap

Wabup menambahkan  saat ini banyak terjadi sengketa Tanah di Desa, olehnya kegiatan ini patut dilaksanakan.

” Saya  berharap bahwa apa saja ilmu, pengetahuan, materi maupun informasi yang didapat pada acara sosialisasi ini harus segera diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas agar tidak terjadi lagi konflik pertahanan yang terus menerus di desa;”lanjutnya .

Ia meminta untuk Segera buat Buku Register Tanah di desa. Kalau bingung mengawalinya dari mana, buat  dari pendataan tahun 2022.

”  Kemudian nanti dilakukan pendataan bertahap terhadap kepemilikan tanah-tanah terdahulu. Lebih baik terlambat berbuat daripada tidak ada sama sekali,” tukas  Deddy .

Turut hadir Kacabjari Dumoga Edwin Tumundo SH, MH, Asisten Bid. Pemerintahan dan Kesra Alsyafri Kadullah ME, Kabag Hukum Kadek Wijayanto SH, Kabag Tapem Indrajaya Mokoagow,  Camat dan Sangadi se-Kabupaten  Bolsel peserta kegiatan.
(Bobi)

Komentar Facebook