Bolsel Genjot Ekspansi Kepariwisataan, 2 Spot Ditemukan Tim Paralayang

TagarBMR, BOLSEL – Akhirnya Tim Paralayang Manado berhasil menemukan 2 spot yang cukup memenuhi syarat untuk dijadikan tempat Olah Raga Paralayang yakni Puncak Kolawak di Kecamatan Pinolosian dan Bukit Momalia, Kecamatan Posigadan, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Minggu (11/04/2021).

Setelah lebih kurang 1 bulan melakukan uji coba di beberapa spot yang tersebar di Kabupaten Bolsel, Tim Paralayang yang dipimpin langsung oleh Ibu Pingkan Mandagi dan Bapak Nixon tersebut, menilai bahwa kedua spot baru parayalang yakni Bukit Kolawa dan Bukit Momalia sudah memenuhi syarat secara topografi. Selain itu, tidak banyak yang tahu, bahwa olah raga paragliding/paralayang adalah olahraga yang butuh ‘kerjasama’ alam untuk kelancarannya.

“para pecinta olahraga ini harus menunggu datangnya angin yang meluncur dari arah lereng bukit pada kecepatan tertentu, menunggu cuaca cerah dan tidak hujan, dan menunggu thermal (panas udara) pada suhu tertentu sehingga tidak membahayakan proses penerbangan. Dan ternyata, hasil uji ciba dari Tim Paralayang tersebut, bahwa Bukit Kolawak dan Bukit momalia, memenuhi semua persyaratan tersebut selama proses uji cobanya,” jelas Tim Paralayang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Wahyudin Kadullah mengatakan bahwa, Pemerintah Kabupaten Bolsel memang saat ini sedang menggenjot ekspansi kepariwisataan, baik di darat, di laut dan udara. Kesuksesan pelaksanaan Bolsel Diving Festival kemarin, merupakan bukti nyata semakin berkembangnya kepariwisataan yang ada di kabupaten dengan sejuta pesona ini.

“tadi malam baru penutupan event Bolsel Diving Festival, tapi euforia akan tetap kita jaga, supaya usaha-usaha meningkatkan kepariwisataan tidak mentok hanya sampai disini,” terangnya bersemangat.

Lebih lanjut dikatakan oleh pria dengan pembawaan ceria ini, bahwa dukungan Bupati dan Wakil bupati serta seluruh masyarakat Bolsel benar juga memegang peranan yang sangat krusial. Baginya, mulai dari Festival Diving dan juga keberhasilan uji coba parayalang hari ini, semuanya berkat partisipasi dari Pemerintah dan masyarakat Bolsel.

Wahyudin juga menambahkan bahwa kedepannya Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan berencana untuk membuka destinasi wisata baru berbasis olahraga parayalang, sebagai konsep kreatif untuk menarik kunjungan wisatawan.

(BK)

 

Komentar Facebook